LOMBA PENYUSUNAN MENU DAN PENYAJIAN MAKANAN SEHARI - HARI

LOMBA PENYUSUNAN MENU DAN PENYAJIAN MAKANAN SEHARI - HARI

Pola konsumsi pangan merupakan perilaku paling penting yang dapat mempengaruhi keadaan gizi seseorang. Hal ini disebabkan karena kuantitas dan kualitas pangan yang dikonsumsi akan mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang. Agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit terkait gizi, maka pola konsumsi pangan masyarakat perlu ditingkatkan kearah konsumsi pangan Beragam, Bergizi seimbang, dan Aman (B2SA)
Guna memotivasi masyarakat agar mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman (B2SA), maka Kabupaten Kebumen mengeluarkan Surat Edaran Nomor 526/484 Tentang Lomba Menyusun Menu dan Makanan Sehat Sehari Bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Tahun 2022, guna menindaklanjuti SE tersebut, Pemerintah Desa Grogolbeningsari bersama TP PKK Desa Grogolbeningsari pada tanggal 06 Maret 2023 pukul 13.00 Wib bertempat di  Balai Desa Grogolbeningsari menyelenggarakan Lomba tersebut yang diikuti oleh 30 kelompok, dimana 1 kelompok terdiri dari 2 orang. Lomba tersebut dimaksudkan agar setiap individu yang bertanggung jawab dalam menentukan dan menyediakan menu keluarga sehari-hari dapat menyajikan menu yang beragam, bergizi seimbang, dan aman. Dalam acara tersebut tim penilai ada  Tim PKK Kecamatan dan Tokoh Masyarakat
Mereka menyedikan menu makanan sehat yang mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayur mayur dan buah-buahan. Mereka Menyusun menu dengan kreativitas masing-masing serta beraneka ragam yang terdiri atas aneka karbohidrat, tumisan, sayur kuah, santan hingga berbagai olahan lauk. Peserta menyajikan 3 menu untuk sarapan, makan siang dan makan malam. Setiap menu bernilai Rp 10.000,00  sehingga memerlukan anggaran Rp 30.000,00. Dengan anggaran tersebut harus menyajikan makanan sehat yang komplit dengan jumlah kalori 2100. Tim Dewan juri berasal dari tim PKK Desa Grogolbeningsari Mereka menyedikan menu makanan sehat yang mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayur mayur dan buah-buahan. 

Pemenang diambil 3 kelompok, dimana juara 1 mendapat hadiah sebesar RP 500.000, juara 2 sebesar Rp 300.000, juara 3 sebesar Rp 200.000.
Daftar Pemenang Lomba Menyusun Menu & Penyajian Makanan Sehari - hari Desa Grogolbeningsari

1. Juara I Ibu Muzayanah dari Rt. 01 Rw. 03

2. Juara II Ibu Siti Umamah dari Rt. 02 Rw. 04

3. Juara III Ibu Siti Umamah dari Rt. 01 Rw. 04

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter